Selasa, 15 Juli 2014

BAB 3. PERENCANAAN SARANA PRASARANA PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN



Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS) yang telah ada di tahun 2010 dikalikan prosentase kenaikan jumlah penduduk di kawasan Srondol Kulon sejumlah 2% tiap tahunnya, maka prediksi untuk jumlah penduduk Kelurahan Srondol Kulon tahun 2024 yaitu :
(955 + ((955 x 2%) x 14)) = ±1223 jiwa
 Oleh karena itu, maka dilakukan perencanaan sebagai berikut :
1. SARANA PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN UMUM
    Untuk jenis sarana pemerintahan, Kelurahan Srondol Kulon RW II belum memerlukan perencanaan seperti halnya balai pertemuan, pos hansip dan parkir umum.
2. SARANA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN UMUM
        Untuk sarana pendidikan, di lokasi eksisting terdapat TK yang dalam perencanaan permukiman hal ini sudah benar. Jadi, perencanaan untuk sarana pendidikan belum perlu.
3.SARANA PERIBADATAN
      Untuk sarana peribadatan, di lokasi eksisting sudah ada 3 musholla. Namun dengan jumlah musholla tersebut masih belum bisa menampung jumlah penduduk yang nantinya berkisar 1223 jiwa. Oleh karena itu, direncanakan 2 musholla lagi untuk dapat menampung jumlah penduduk prediksi nantinya.
4. SARANA KESEHATAN
     Untuk sarana kesehatan, kami merencanakan 1 posyandu. Walaupun sebenarnya jumlah penduduknya belum mencapai kriteria, namun ada baiknya dilakukan perencanaan posyandu agar pelayanan untuk RW II bisa maksimal dan efektif. Bangunannya pun bisa bergabung dengan balai warga di Kelurahan.
5. SARANA PERTOKOAN DAN PERNIAGAAN
 Untuk sarana pertokoan dan perniagaan, di lokasi eksisting terdapat banyak sekali toko dan warung sehingga belum memerlukan perencanaan.

FOTO MAKET :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar